5 Faktor Berpengaruh pada Berat Badan Ideal Anak Bayi

Berat badan ideal anak menjadi salah satu parameter untuk melihat kondisi kesehatan anak. Terutama dari sisi kecukupan gizi khususnya untuk umur 0-6 bulan. Usia ini anak masih wajib mendapatkan ASI atau susu pengganti ASI. Bayi yang lahir dengan berat berbeda-beda namun saat usia 5 bulan dapat dikatakan ideal saat mencapai berat dua kali lipat dari saat lahir. Berikut ini faktor yang mempengaruhinya. 

  • Jenis Kelamin

Berat badan bayi laki-laki umumnya memiliki berat badan lebih besar daripada bayi perempuan. Begitu juga dengan perkembangan berat badannya, lebih cepat bayi laki-laki. Alasan ini menjadi salah satu sebab WHO menetapkan grafik perkembangan berat badan laki-laki dan perempuan pada grafik yang berbeda karena adanya perbedaan yang berarti. 

  • Bayi Prematur

Kondisi kelahiran belum cukup umur atau prematur akan memiliki berat bayi di bawah bayi yang lahir dengan umur cukup. Biasanya berat bayi prematur berada di bawah 3 kg dan membutuhkan gizi lebih banyak untuk meningkatkan badannya. Begitu juga perlu perlakuan khusus yang lebih ekstra saat mengurus keperluan hariannya seperti asupan sinar matahari yang cukup. 

  • Kesehatan Bayi

Bayi yang sehat akan lebih banyak dalam memasukkan nutrisi ke dalam tubuh. Salah satunya karena aktif bergerak yang bisa membuat bayi melepaskan kalori dan membutuhkan asupan energi kembali. Begitu kebaikannya, bayi yang memiliki Riwayat penyakit atau sedang dalam kondisi sakit akan mempengaruhi kebutuhan energi yang masuk di dalam tubuhnya. 

  • Nutrisi Anak

Bayi usia hingga 6 bulan masih full ASI yang membuat asupan nutrisinya masih harus dipantau. Pastikan bayi meminum ASI atau susu pengganti secara rutin. Pastikan juga perlekatan bayi saat menyusu untuk memastikan volume ASI yang masuk ke tubuh bayi. Kemudian untuk anak usia hingga 12 bulan agar dipastikan nutrisi yang masuk sudah lengkap dan seimbang. 

  • Nutrisi Ibu

Nutrisi yang ibu masukkan juga berpengaruh pada kualitas ASI yang dihasilkan. Selalu makan penunjang ASI berkualitas dan hindari makanan yang bisa menyalurkan alergi bagi bagi seperti makanan pedas dan lainnya. Penuhi juga kebutuhan kalsium pada ibu untuk menambal kandungan kalsium yang harus diberikan pada anaknya melalui ASI. 

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi berat badan ideal anak untuk usia 0-12 tahun. Tidak hanya terfokus dari faktor gizi anak namun juga ibunya. Ada juga faktor seperti adanya gangguan pada saluran cerna anak, gangguan pada saluran cerna organik dan perawakannya yang pendek. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.