Dua Pendaki Alami Hipotermia Berhasil Dievakuasi Dari Gunung Talamau Pasaman Barat

Dua pendaki berhasil dievakuasi dari Gunung Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). Sebelumnya kedua pendaki tersebut dilaporakn mengalami hipotermia. Koordinator Pos SAR Pasaman, Zulfahmi mengatakan, awalnya pihaknya mendapat laporan adanya pendaki tergelincir.

Namun, setelah pihaknya berada di lokasi kejadian mendapati pendaki tersebut tidak tergelincir melainkan mengalami hipotermia. "Mereka mengalami hipotermia atau kedinginan, laporan awalnya iya tergelincir. Karena dia tidak bisa jalan sehingga anggapan kakinya sakit," kata Zulfahmi, Sabtu (2/1/2021). Dikatakannya, kedua pendaki tersebut sampai di posko lapor Gunung Talamau sekitar pukul 09.00 WIB.

"Keadaannya baik baik saja dan sehat. Sebelumnya sudah dapat perawatan juga sehingga sampai di bawah dalam keadaan baik," katanya. Ia menjelaskan, kedua pendaki tersebut bernama Urip Mulyono (17) dan Suherdi (27) yang digendong turun. Sebelumnya pihaknya sampai ke lokasi kejadian, kedua korban telah dibantu pecinta alam yang berada di lokasi.

"Sempat bermalam dulu dan keduanya mendapat perawatan sehingga keadaan mulai membaik. Akhirnya bisa berjalan sendiri dengan pelan ke bawah," katanya. Zulfahmi mengatakan proses evakuasi secara keseluruhan memakan waktu lebih dari 24 jam. "Hari ini mereka merencanakan beristirahat di perkampungan masyarakat di Lubuk Landua. Selanjutnya akan melanjutkan perjalanan pulang ke Jambi pada besok," katanya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.