Dari Tim Baru Valentino Rossi Hingga Nomor Spesial Sang Juara Jadwal Peluncuran Tim MotoGP 2021

Peluncuran tim menjadi salah satu agenda yang dinanti menjelang bergulirnya MotoGP 2021. Persiapan tim menuju MotoGP 2021 tidak akan terasa lengkap tanpa memperkenalkan tampilan serta pebalap baru mereka. Beberapa kontestan bahkan telah mengumumkan tanggal peluncuran tim mereka untuk MotoGP 2021.

Ducati bakal menjadi tim pabrikan pertama yang menunjukkan wajah baru mereka. Skuad baru dalam diri Jack Miller, Francesco Bagnaia, dan motor Ducati Desmosedici GP bakal ditunjukkan ke hadapan publik pada 9 Februari. KTM menjadi pabrikan berikutnya yang memamerkan skuad mereka yang baru.

Pada 12 Februari, wajah tim pabrikan Red Bull KTM dan tim satelit KTM Tech3 untuk MotoGP 2021 secara resmi bakal diumumkan. Red Bull KTM bakal memperkenalkan anggota baru mereka yaitu Miguel Oliveira bersama Brad Binder yang masih bertahan. Adapun, KTM Tech3 akan tampil dengan Iker Lecuoan beserta Danilo Petrucci yang hijrah dari Ducati.

Pada hari yang sama, Suzuki Ecstar juga akan mengumumkan nomor balap yang dipakai Joan Mir pada musim depan. Nomor balap Mir menjadi misteri karena dia dihadapkan dengan dua pilihan, bertahan dengan 36 atau memilih 1. Sebagai informasi, tidak ada pembalap MotoGP yang memakai nomor 1 sejak Casey Stoner pada musim 2012.

Tim Monster Energy Yamaha menjadi tim pabrikan berikutnya yang akan memperkenalkan skuad mereka. Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Yamaha YZR M1 bakal tampil ke hadapan publik untuk pertama kali pada 15 Februari. Beralih ke tim satelit, di samping Tech3 yang mendompleng acara KTM ada tim Esponsorama yang telah mengumumkan jadwal peluncuran tim mereka.

Peluncuran tim Esponsorama menarik perhatian karena kerja sama mereka dengan tim besutan megabintang MotoGP, Valentino Rossi. Seperti dilansir dari laman resmi tim, Esponsorama secara resmi bakal tampil dengan dua nama tim yang berbeda pada MotoGP 2021. Enea Bastianini bakal tampil di bawah bendera Esponsorama Avintia sementara Luca Marini—adik Rossi—bakal tampil dengan nama tim Sky VR46 Avintia.

Satu tim dengan dua nama bukan hal yang baru di MotoGP. Musim lalu LCR Honda mendaftarkan nama LCR Honda Castrol untuk Cal Crutchlow dan LCR Honda Idemitsu untuk Takaaki Nakagami karena perbedaan sponsor. VR46 sendiri bergerak lebih jauh karena manajer tim mereka, Pablo Nieto, juga akan ikut ambil bagian di tim Esponsorama di MotoGP.

Motor Ducati berwarna hitam milik Luca Marini sebenarnya telah dipamerkan pada Desember lalu namun peluncuran tim secara resmi baru akan terjadi pada bulan ini. Repsol Honda ??? Monster Energy Yamaha 15 Februari

Ducati 9 Februari Suzuki Ecstar ??? Red Bull KTM 12 Februari

Aprilia Gresini ??? LCR Honda ??? Petronas Yamaha SRT ???

Pramac Racing ??? Esponsorama 5 Februari KTM Tech3 12 Februari

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.