Direktur Agensi Ungkap Faktor Utamanya Mengapa BTS Bisa Sangat Sukses

Boygroup asuhan HYBE, BTS, saat ini menjadi idol K Pop paling populer. Nama BTS sudah tak asing lagi di telinga penggemar K Pop, bahkan non penggemar. Dari penampilan hingga kepribadian BTS, ada begitu banyak hal yang disukai dari mereka.

Namun, melihat kesuksesan RM dan kawan kawan saat ini, hanya ada satu faktor kunci yang memengaruhinya, apa itu? Saat ini, Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon adalah direktur bisnis di FirstOne Entertainment, agensi yang didirikan pada 2019. Agensi ini menaungi penyanyi solo Kisum dan grup 1st.One yang berbasis di Filipina.

Keduanya pernah bekerja di JYP Entertainment selama beberapa tahun sebelum memutuskan untuk keluar. Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon pernah bertugas untuk mengurus sejumlah idol terkenal JYP Entertainment, seperti Wonder Girls, 2PM, dan Miss A. Dalam video Comment Defenders terbaru dengan AYO di YouTube, keduanya berbagi pendapat tentang faktor yang memengaruhi kesuksesan BTS.

BTS telah lama dikenal karena kisah underdog nya. Sebagai informasi, underdog adalah sebutan bagi orang atau regu (biasanya dalam bidang olahraga atau karya kreatif) yang disangka akan mengalami kekalahan. Kembali pada 2013 silam, saat BTS debut, grup yang berasal dari tiga agensi besar (JYP Entertainment, SM Entertainment, dan YG Entertainment) menjadi yang paling sukses.

Karena itu, cara BTS bangkit dari agensi kecil seperti Big Hit Entertainment (saat ini dikenal sebagai HYBE) selalu menjadi keajaiban. Lantas, bagaimana RM dan kawan kawan melakukannya? "Saat BTS pertama kali debut, mereka tidak sering tampil di TV," kata Yoon Ho Joon mengawali.

Di era BTS debut, banyak grup mempromosikan album mereka lewat acara musik, seperti M Countdown dan Music Bank. Namun, Yoon Ho Joon mengatakan stasiun TV saat itu tak ingin grup tidak dikenal seperti BTS tampil di acara mereka. "Mereka harus tampil di acara musik (untuk promosi), tapi stasiun TV tidak menginginkannya," ujarnya.

Faktanya, seperti yang diketahui banyak ARMY veteran, satu satunya cara BTS bisa tampil di panggung pertunjukan musik pertamanya adalah karena grup lain keluar di menit menit terakhir. Kisah ini bahkan ditulis BTS dalam hidden track mereka di album Love Yourself: Her , berjudul SEA . Karena itu, Yoon Ho Joon mengatakan BTS harus memilih bentuk media baru untuk mempromosikan diri mereka sendiri.

Terkait maksud Yoon Ho Joon tersebut, Yoon Seo Min pun memberikan penjelasan. Ia menjelaskan, di era rookie BTS, berkomunikasi melalui media sosial bukanlah hal umum. Saat ini sebagian besar idol group memiliki akun Twitter atau Instagram sendiri, dimana mereka bisa berbicara dengan penggemar.

Namun, hal tersebut adalah perkembangan yang cukup baru. Meski begitu, itu tidak menghentikan BTS. Akun Twitter pertama BTS dibuat pada Desember 2012, sebelum mereka debut.

Sejak saat itu, para member terus berkomunikasi dengan penggemar melalui media sosial, tidak hanya dalam bahasa Korea, tapi juga bahasa Inggris. "Menyusul pergantian media, (BTS berkomunikasi di media sosial) untuk pertama kalinya," ujar Yoon Seon Mi. Menurut pendapat Yoon Ho Joon dan Yoon Seon Mi, komunikasi yang penuh semangat dan berdedikasi dengan penggemar inilah yang memberikan kontribusi terbesar bagi kesuksesan BTS.

Yoon Seon Mi melanjutkan dengan berkata, "Aku memiliki pendapat yang tinggi tentang mereka karena menyerap tren paling cepat dan mewujudkannya.: Selain itu, ia menjelaskan kepribadian dan konsep BTS "sangat cocok dengan lingkungan", mendorong mereka menjadi bintang. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.