Rupanya Ini Lima Penyebabnya umur Masih Muda Kok Rambut Sudah Ubanan

Biasanya, uban muncul sebagai tanda penuaan. Namun, ternyata anak muda pun bisa mengalaminya. Ada banyak hal yang menyebabkan uban di usia muda tumbuh. Warna rambut Anda dipengaruhi oleh pigmen sel bernama melanin yang diproduksi dalam folikel rombut. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin bisa berkurang. Penurunan melanin juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lain.

Mengutip dari Healthline, selain usia, uban dapat muncul karena faktor genetik, stres yang sedang dirasakan, dan penyakit autoimun. Jika Anda mendapati perubahan warna rambut tanpa alasan yang jelas, segera periksakan diri ke dokter. Genetik Uban di usia muda dapat muncul karena faktor keturunan atau genetik. Jika genetik adalah penyebab munculnya uban, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti warna rambut.

Stres Setiap orang pasti pernah merasakan stres. Tidak hanya menyebabkan kemunculan uban, stres juga dapat memicu gangguan kesehatan yang lain. Mulai dari gangguan tidur, gangguan kecemasan, hingga tekanan darah tinggi. Penyakit autoimun

Menurut Healthline, penyakit autoimun dapat meningkatkan kemunculan uban. Sistem imun tubuh sebenarnya bertugas untuk melindungi diri Anda dari serangan penyakit. Namun, karena mengalami gangguan, sistem imun tubuh justru menyerang tubuh Anda sendiri. Beberapa jenis penyakit autoimun yang ditandai dengan munculnya uban adalah alopesia atau vitiligo.

Segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Kekurangan Vitamin B12 Uban di usia muda juga bisa muncul karena tubuh kekurangan vitamin B12, lo.

Selain memberikan energi, vitamin B12 dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pertumbuhan dan warna rambut. Saat jumlahnya di bawah batas normal, tentu saja fungsi itu tidak bisa berjalan maksimal. Merokok Selain berpengaruh buruk pada kesehatan paru paru dan jantung, kebiasaan merokok pun dapat menyebabkan pertumbuhan uban meski Anda belum berusia tua.

Merokok dapat mempersempit pembuluh darah sehingga aliran oksigen ke rambut pun ikut terganggu. Zat racun yang terkandung dalam rokok pun berpengaruh buruk pada folikel rambut. Tak hanya itu, kebiasaan merokok pun dapat membuat rambut lebih mudah rontok daripada biasanya. Penulis: Belladina Biananda

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *