Timbulkan Rasa Tidak Nyaman, Inilah 3 Cara Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan penyakit umum yang bisa dialami siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa. Jika tidak mendapatkan penanganan yang baik, rasa sakit kepala yang berlangsung harian bisa sangat mengganggu produktivitas Anda. Paracetamol Ibuprofen bisa menjadi pilihan untuk Anda yang merasakan sakit kepala yang berlangsung lebih lama. 

Kenali jenis sakit kepala dan cara mengatasinya 

Supaya rasa sakit kepala bisa berkurang atau sembuh total, Anda bisa mengkonsumsi Paracetamol Ibuprofen untuk meringankan gejala tersebut asal tetap mematuhi aturan minum dan dosis yang tepat. Penanganan yang baik sesuai dengan jenis sakit kepala harus Anda ketahui sebagai berikut :

  • Migrain

Rasa sakit kepala sebelah terasa menyakitkan dan bisa membuat Anda kurang nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Anda bisa merasakan gejala mual, muntah hingga merasa sensitif dengan cahaya atau suara yang bising. 

 

Untuk meredakan rasa sakit kepala sebelah, Anda wajib istirahat yang cukup, hindari kebiasaan buruk merokok dan minum alkohol, kelola stress, dan tingkatkan kualitas tidur lebih baik.

  • Sakit kepala tegang

Merupakan jenis sakit kepala yang terasa nyeri di dua sisi kepala, belakang mata dan sebagian penderita mengeluhkan sakit kepala hingga ke leher. Meski penderita merasakan sakit kepala tegang, tapi tetap bisa melakukan aktivitas harian sebab sakit kepala tegang bisa berlangsung singkat sekitar setengah jam saja. Namun, ada pula orang yang menderita sakit kepala jenis ini mengeluhkan rasa sakit berhari-hari.

  • Sakit kepala cluster

Jenis sakit kepala yang hampir sama dengan migrain, tetapi sakit kepala cluster sering muncul tiba-tiba dan disertai keluhan mata merah, bengkak dan berair. Rasa nyeri tidak tertahankan pada penderita sakit kepala cluster bisa berlangsung mulai lima belas menit sampai tiga jam lamanya. 

Perlu tindakan mengatasi rasa sakit kepala cluster dengan memperbanyak istirahat di tempat yang lebih gelap, melakukan pemijatan di leher, bahu, pelipis, dan kepala secara hati-hati. Mengompres dengan handuk basah hangat atau dingin efektif meringankan rasa sakit kepala yang Anda rasakan. 

Stress merupakan faktor utama yang menyebabkan sakit kepala berlangsung berhari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu relaksasi tubuh dan pikiran demi menghilangkan sakit kepala yang menyerang. Sakit kepala yang tergolong ringan bisa diatasi dengan konsumsi obat-obatan sesuai rekomendasi dokter, misalnya Paracetamol Ibuprofen. Konsumsi ibuprofen sesuai resep dokter berguna untuk meringankan rasa nyeri sakit kepala, sedangkan paracetamol ampuh menurunkan suhu tubuh yang demam.

Bila sakit kepala yang Anda rasakan berlangsung lebih dari tiga hari disertai dengan otot kaku, kesulitan bicara atau gerak, dan gangguan kesehatan lain, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter demi mengetahui penyebab utama kondisi tersebut. Bisa saja sakit kepala berat merupakan indikasi penyakit tertentu yang harus mendapatkan penanganan medis yang lebih serius, ya!

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.