Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 143 144 145 146 147 150 Subtema 3 Pembelajaran 3

Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 halaman 143, 144, 145, 146, 147, dan 150. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 8, memiliki judul Daerah Tempat Tinggalku. Sementara, pada Subtema 3 Buku Tematik ini berjudul Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban pembelajaran 3 di subtema 3 pada halaman 143, 144, 145, 146, 147, dan 150. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berdasarkan cerita "Nelayan dan Ikan Mas", jawablah pertanyaan berikut! 1. Mengapa cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ disebut sebagai cerita fiksi? Karena cerita Nelayan dan Ikan Mas bukanlah cerita yang nyata atau hanya berdasar dari imajinasi pengarang.

2. Siapa sajakah tokoh tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’? Si Kakek (nelayan) Si Nenek

Ikan Emas Ajaib Sang Ratu 3. Bagaimanakah sifat dari tokoh tokoh dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Si kakek: suka menolong, pekerja keras Si nenek: serakah 4. Hikmah apa yang bisa kamu petik dari cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Berbuat baik tanpa pamrih Jangan serakah dan memaksakan kehendak 5. Sikap apakah yang harus kita hindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa?

Sikap yang perlu kita hindari adalah sikap sombong dan serakah. Berdasarkan penjelasan tentang tokoh dan jenisnya, diskusikan bersama dua orang temanmu tentang tokoh utama dan tokoh pembantu dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Selanjutnya berdasarkan peranannya, tuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Tulislah hasil diskusimu pada kotak berikut.

Dari judul cerita tersebut, dapat disimpulkan tokoh utama adalah Sang Nelayan dan Ikan Mas. Tokoh pembantunya dapat berupa tokoh tokoh lain yang terdapat di cerita seperti istri nelayan. Tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’:

Tokoh Protagonis : Ikan Mas dan Nelayan Tokoh Antagonis. : Istri nelayan Kamu telah memahami berbagai jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Teman teman di sekolahmu tentu juga memiliki karakteristik sendiri sendiri.

Bagaimanakah sikap kamu dalam menghadapi berbagai karakteristik teman di sekolahmu? Manfaat apa yang kamu peroleh dengan adanya karakteristik antarteman di sekolah? Diskusikan bersama dua orang temanmu. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut. 1. Jenis Perbedaan Karakter : Usia

Sikap: Menghargai cara berpikir teman yang belum dewasa. Manfaat: Hidup rukun dengan teman. 2. Jenis Perbedaan Karakter : Fisik

Sikap: menghargai fisik teman yg kurang sempurna atau unik Manfaat: kita dapat melihat bahwa Tuhan itu menciptakan makhluknya beragam, dan kita harus bersyukur kalau kita sempurna 3. Jenis Perbedaan Karakter : Kegemaran

Sikap: menghargai kegemaran teman dan kegemaran sendiri. Manfaat: menyadarkan kita bahwa setiap orang mempunyai keunikan dan kegemaran sendiri. Jadilah dirimu sendiri. 4. Jenis Perbedaan Karakter : Agama

Sikap: kita harus toleransi antarumat beragama Manfaat: setiap agama pasti mengajarkan yang baik kepada penganutnya, maka hargailah kepercayaan mereka. 5. Jenis Perbedaan Karakter : Suku

Sikap: kita harus menghargai setiap suku. Suku adalah kekayaan bangsa yang harus dibanggai. Manfaat: suku adalah kekayaan bangsa, maka kita wajib bangga apapun sukunya. Keragaman karakteristik individu dalam masyarakat mempunyai peranan penting bagi kehidupan bersama. Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan orang lain.

Tidak ada seorang pun yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendirian. Coba renungkan hal berikut. Bagaimana jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada petani? Apakah kita bisa memenuhi kebutuhan pangan secara terjangkau?

1. Bagaimana seharusnya kamu menyikapi keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam hal pekerjaan warga masyarakat? Seharusnya saya bisa menghargai setiap keragaman yang ada. Tidak boleh iri dengan pencapaian yang diraih orang lain.

Saling mendukung usaha dan pekerjaan orang lain. 2. Apakah kamu bangga dengan keragaman pekerjaan di lingkungan tempat tinggalmu? Mengapa demikian? Jawaban:

Ya, saya bangga karena dengan keberagaman penduduk kita bisa menutupi kekurangan kita masing masing dan juga bisa saling tolong menolong. Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.